kita sedang memainkan peranan kita masing-masing.

orang pintar dikatakan pintar ketika ada satu kondisi pencapaian yg berhasil dia capai.

orang pintar itu terbuat dari universitar-universitas besar di indonesia….. hmmm buat beberapa
orang, kuliah diperguruan tinggi yg besar adalah cerminan hebatnya seseorang itu sendiri. eh bukan beberapa deng, banyak banget.

orang pintar identik dengan hasil karya atau bisa menemukan cara untuk menyelesaikan suatu masalah.
…..
….
gimana? setuju semua definisi orang pintar diatas?

jadi apa dong definisi orang pinter yang mutlak? dokter? profesor? kuliah diluar negri? ipk nya 4? S3?
bisa berbicara dengan kalimat keren?
saya asli deh engga tau 😦

saya akan ambil contoh seorang dokter.
semua dokter pasti pinter dong? sepakat kan? sip saya juga sepakat. gimana engga, buat jadi dokter kita harus masuk perguruan tinggi yg pasti besar dan ada jurusan kedokterannya, masuknya selektif banget, belum lagi biayanya yg engga sedikit, kuliahnya engga usah ditanya deh, kuliah yg jurusannya bukan dokter aja pusing gileee, apa lagi dokter kan. mati hahaha
output setelah beres pendidikan kedokteran yaa jadi dokter. sinting kan kalo lulus kuliah kedokteran malah jadi hrd. tapi kl ada yg begitu, aduh engga tau deh engga ngerti hahahah
tapi pokoknya orang ini pinter. beres.

tapi tapi tapi tapi… kalo kita bicara konteks diluar kedokteran gimana? masih berlakukah predikat “pinter”nya???
iya saya juga tau mungkin definisi pintar bisa macem-macem. bisa juga misalnya saat dia menerima hal-hal baru apapun itu dan dia cepet nerimanya/langung bisa. yaa gpp laah hehehe

ngambang kan tulisannya, ga jelas hahaha BIARIN

sekarang saya mau bahas orang(yg katanya)bodoh. ini lebih kasian. maksud saya orang(yg katanya)bodoh ini biasanya dipandang rendah. udah lah saya tau. kalian yg ngerasa pinter sering ngerasa keganggu kan sama orang bodoh(engga maksud mengeneralisasikan, tapi 90% yg saya lihat yaa begitu)
orang bodoh identik dengan tingkat dan kualitas pendidikannya. engga kuliah, engga pandai bicara pake bahasa yg keren, kalopun kuliah paling di perguruan yang ece-ece. udah kuliah di kampus yg ga jelas, udah gt ilmu yg didapet selama kuliah juga engga jelas. intinya kalian yg masuk kategori ini udah lah masa depan kalian udah kepalang dicap engga jelas sama orang-orang pinter itu.

tapi tapi tapi tapi… karena saya punya acara sendiri dan acara ini berlangsung setiap hari selama hidup saya. nama acaranya “coba ngertiin dulu baru nyimpulin”. nah makanya, mungkin orang yg suka ngerendahin orang bodoh itu lagi lupa. lagi terbawa suasana dengan skill dia yg mungkin menurut dia keren dan bisa dibilang orang pinter. gapapa gapapa 🙂
tapi sadar ga kalo orang bodoh juga engga selamanya bodoh loh? mungkin ketika dia mencoba hal baru, orang yg mengajarin hal baru itu salah dalam ngajarinnya, engga bisa ngajarin, jadi si pinter ini bilang dia bodoh. semoga si pintar ini cepet sadar amiiin. 🙂
dan okay kalo pun ini orang beneran bodoh, sabar man, kalian masih bisa seneng ko, bisa senyum, bisa ketawa. bisa hidup, bisa semuanya. engga ada pengurangan sama sekali. toh tuhan nyiptain semua hal pasti punya meaning yang beda-beda kan.

saya punya sedikit pemikiran. yaa seengganya ini berlaku buat saya pribadi.
saya analogiin begini. kita kan manusia yah? manusia pasti pernah sakit. entah sakit meriang, flu, kanker, sakit kepala, dll lah. itu sakit. ada sesuatu yg dirasa sama raga kita. dan sakit. itu namanya sakit. trus ketika kita engga ngerasin sakit apa-apa. yaa biasa aja. maka kondisi engga sakit ini namanya adalah sehat. setuju kan? jadi sehat tercipta karena engga sakit. kesimpulannya gitu kan? beres.
ini pun berlaku sama definisi orang pintar dan bodoh itu. kalian-kalian yg ngerasa pinter nih yah, coba deh fikirin kl orang yg kalian bilang bodoh itu engga ada di dunia ini. seluruh manusia sepinter elu. apa predikat pinter itu bakal ada? apa penghargaan pinter dan bodoh itu tetep ada? ngerti?
….
….
gimana? sadar engga? iya kalian-kalian orang pinter itu tercipta karena ada orang bodoh. begitupun sebaliknya. tuhan nyiptain semua hal didunia ini itu sebagai penyeimbang. orang kaya bisa dibilang kaya yaa karena ada orang miskin. gitu kan. jadi kl kalian yang pinter nemu orang bodoh yaaa sadar deh. kalian yg pinter kan bisa pinter karena ada pembandingnya saat itu. tapi saya pun berkeyakinan ada aspek lain yang kondisinya bisa berbalik si pinter ini terlihat sangat bodoh. saya yakin.


misalnya kita bertanya-tanya kenapa sih tuhan engga ngasih liat wujudnya aja??? tinggal ngasih liat sekali udah deh kita engga akan minta lagi. seengga nya bikin kita yakin. tapi kenapaaa?
yaaaaa jawabannya karena tuhan engga mau curang. kl kita yg normal bisa ngeliat tuhan apa kabar yg tuna netra? engga adil doong.
itu lah kenapa kalian yg ngerasa pinter selalu lupa orang bodoh juga punya hak yg sama. bukannya nyepelein dan mandang sebelah mata!!

semoga ini bisa nyadarin kita kalo sebenernya kita tuh iiih engga pantes deh buat sombong-sombongan.
engga pantes!!!
semoga ini bermanfaat 🙂

karna kita semua adalah penyeimbang.
dan kita sedang memainkan peranan kita masing-masing.

adietiansyah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s