Musik Dan Anugerah

Salah satu definisi musik adalah sesuatu yang  berbunyi.

Dan arti anugerah bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang sifatnya pemberian dari sang pencipta.

Saya punya banyak kawan yang bisa bermain alat musik. Dari yang hanya sekedar bisa memainkan saja, sampai yang tingkatannya udah jago banget. Lalu apa kita semua bisa main alat musik? Jawabannya “iyaaa banget!!” ko bisa? Iyaaa emang bisa banget. Okay ini dasar pemikiran saya kenapa saya bisa yakin kalo semua orang bisa main musik.

Ada dua  rumor yang beredar dimasyarakat.

Pertama. Orang yang udah bisa main musik berpendapat “belajar main musik itu harus punya bakat”

Dan orang yang udah bisa main musik bilang “kemauan bisa ngalahin bakat” (pendapat kedua ini mungkin karena dia udah ngalamin proses dari engga bisa sampe ke bisa. Karena dia punya riset sendiri, maka dari itu dia bisa bilang kaya begini).

Dua rumor itu memang saling bermusuhan kayaknya.  Biasanya orang yg masuk dirumor pertama itu dia engga suka sama musik, lebih ke penikmat saja mungkin. Atau engga suka sama sekali.  Trus mana dong yang bener? Mana yang bisa dijadiin pedoman buat bisa jadi motivasi. Hahaha menurut saya pribadi sih dua rumor itu engga salah. Karena bisa main musik dengan dasar rumor diatas juga bisa-bisa aja. Banyak ko buktinya.

Okay saya bahas satu-satu deh biar jelas.

Rumor pertama, main musik harus punya bakat. fine! Okay ini jelas bener. Bakal lebih mudah kalo kita punya bakat. asal muasal Bakat biasanya kondisinya kaya gini nih, entah itu ayah atau ibu nya, yang jelas salah satu dari mereka ada yang bisa main musik. Begitu anak mereka lahir, maka anak tersebut sudah dikatakan bisa main musik karena ada bakat dari orang tuanya. Engga harus dari ayah atau ibu nya juga sih, bisa juga dari kakeknya, neneknya, uyutnya, yaa siapun lah yang ada hubungan keluarganya. Yang jelas bakat diartikannya seperti itu. Bener ga? J

Lalu gimana sama rumor  kedua yang bilang “kemauan bisa ngalahin bakat”. banyak banget loh yang ga ada bakat tapi mereka bisa jago main musiknya.  yang saya lihat kebanyakan mereka terpengaruh sama lingkungan sekitar. Entah dari sekolah, kampus, social media. Yang jelas semuanya nampilin penampilan musik entah itu solo, band, atau boy band -___- hahahaha. Karna yang dia lihat bagus, munculah keinginan ingin seperti apa yang dia liat itu. Dia akan cenderung mengikuti dan berusaha sekuat tenaga latian sampe bisa main alat musik. minimal sama sesuai apa yang menurut dia keren. Dari cara memainkan, menirukan gerakan, bahkan ke warna lagunya. Disni tergantung kegigihan dia, semakin gigih dia berlatih, maka kemampuan bermain alat musik nya pun akan terlihat. Bukannya hanya menyamai, bisa jadi melebihi dari prioritas utama yang hanya “ingin seperti”.

Okay itu dilihat dari sisi pemain. Dan kesimpulan saya tentang semua orang bisa main musik masuk akal kan? Hehehe

Sekarang saya mau bahasa dari sudut pandang pendengar/penikmatnya. Pada suka denger musik kan? Sering? Suka? Gimana rasanya kalo engga denger musik seharian? Bête? Biasa aja? Lemes? Dan… yap tiap manusia pasti punya jawaban yang beda-beda. Jadi penasaran, setelah denger musik perasaannya gimana sih? Seneng? Biasa aja? Terpengaruh lagunya? Okay disini lah inti dari tulisan ini yang saya maksud.

Saya yakin sekian banyak orang dari yang maniak sampe yang Cuma sekedar suka doang dengerin musik pasti salah satunya ada yang punya rasa “bisa dikendaliin sama musik”. Ngerti engga?

Okay saya jelasin, kondisinya misalnya kita lagi denger lagu yang ngebakar semangat, Entah sengaja atau engga sengaja denger lagu itu. Terus setelah kita dengerin lagu ini kita jadi kebawa semangat juga, padahal hari ini dari melek mata sampe akhirnya denger lagu itu tuh engga ada apa-apa, semuanya biasa aja kaya hari-hari yang ga ada apa-apa.

Sama hal kalo kita denger lagu sedih, biarpun kita lagi engga dikeadaan sedih, tapi entah kenapa kita jadi ikutan galau, padahal asli kita lagi biasa aja. Ini kan aneh. Kalo kita dikasih obat tidur kita pasti langsung tidur. Kalo ini bisa dijelasin secara ilmiah kan. Ada unsur didalam obat yang bertemu salah satu bagian tubuh yang bikin kita jadi ngantuk trus tidur(saya engga tau namanya itu unsur apa, Tanya sama dokter heheheh). Tapi kalo ini, kita cuma dengerin musik, dan ini bisa pengaruh ke mood kita.  Dengan kata lain musik bisa mempengaruhi hari-hari kita. Mau semangat apa mau dibawa galau? Yaaa tergantung playlist kita masing-masing.

Bukannya saya ngerasa dapet bocoran dari tuhan, tapi ENGGA semua orang yang punya rasa ini. Saya yakin banget engga semua bisa ngerasainnya. Iyaa saya pun ngerti ini berlebihan kalo sampe dibilang anugerah. Tapi saya pun berkeyakinan buat orang-orang yang bilang ini hal yang biasa, lebay, engga penting, keimpulan saya berarti orang ini engga ngerasain apa-apa saat denger musik. Dingin, datar, mati rasa mungkin hahaha

Saya jadi pengen tau komentar orang-orang yang sangat terpengaruh sama musik yang dia denger. Misalnya saya disuruh komentar(karena saya ngerasa terpengaruh banget sama musik yang saya denger)

Komentar saya adalah hmmmm…. Begini deh, Yang jelas saya engga bisa nyalahin dan maksa buat orang lain suka sama musik atau ngerasain apa yang saya rasain kalo denger musik. Mau tau apa yang saya rasain? Hahahah saya juga engga bisa ngedefinisiin itu rasa apa namanya. Yang jelas dikesehariannya musik bisa kontrol mood saya. Terserah sih buat orang yang menertawakan ini. Yaa abis gimana dong? Ini ibarat saya udah pernah ke surga dan saya bilang ke orang yang belum pernah ke surga kalo di sana itu enak banget. Dan mau saya nyeritain sampe gimana juga kalo posisinya orang yang saya certain ini belum pernah ke surga yaaa susah kan hahaha yang jelas kalo ada yang nanya ke saya musik itu apa, yaa sama aja kaya nanya hidup itu apa.

Karena buat saya, orang-orang yang bisa ngerasain hal-hal yang engga bisa didefinisiin saat dia denger musik, itu adalah anugerah dari tuhan J

When you down, music help… 

Leave a Reply

